Container Icon

Hotel Quickly, Pesen Hotel Dadakan tapi Tetep Dapet Diskonan

Hotel Quickly punya metode pembayaran terbaru yaitu dengan cara transfer melalui ATM! Demi kepuasan pembaca *halah*, tulisan ini pun diedit (pada tanggal 1 Februari 2016).

Assalamu'alaikum...
*memasuki blog dengan santun ala wanita sholehah*
*ngebenerin jilbab sebelum memasuki lapak berdebu*

Saya tetiba tersadar kalo udah lama banget engga update blog. Sepertinya udah sekitar 1 bulan, 16 hari. Eh, bener ya? *emang beneran ngitung siy*. Maafkan saya, pembaca tercinta... Saya sedang sibuk mempertanyakan arti hidup ini *mulai geje*.

Jadi, apakah ada alasannya kenapa saya lama engga nge-blog? Hmm, kalo boleh engga jujur, saya bakal bilang, karena kesibukan. Tapi itu engga jujur. Karena, mau sesibuk apapun, pastinya selalu ada waktu buat nge-blog. Kalo siangnya kerja ato traveling (pas wiken, gitu), ya bisa malemnya. Kalo malemnya hangout *haiyah*, ya bisa lebih malem lagi. Trus kapan bobonya? Ya abis nge-blog. Lha wong sebelum bobo saya malah bisa nyempetin main game "Match Mania" kok. Itu loh, game yang masang-masangin "tile" dengan gambar sama sampe layarnya kosong. Syaratnya antar kedua "tile" cuma boleh terkoneksi oleh maksimal 3 garis trus keduanya engga keblok sama "tile" lain. Itu game favorit saya banget! Kalah deh, Angry Birds! Apalagi Candy Crush ato masak-masakan *eh, yang terakhir itu favorit suami saya :p*.

Saya jadi engga enak sendiri kalo kelamaan engga nulis. Secara saya udah punya komitmen untuk nulis minimal sebulan sekali. Ini aja tersentil untuk nulis lagi gara-gara kemarin terjadi obrolan berikut:
Temen kantor : "Mba, kemarin aku ngobrolin tentang Labuan Bajo ama temenku. Trus dia kasih link blog. Lha kok ternyata yang dikasih itu link blog-mu."
Saya : "Iyakah? trus kamu bilang ke dia kalo kamu temen kantorku?"
Temen kantor : "Engga."
Saya engga berani menanyakan kenapa. Karena saya tau jawabannya...

Mungkin dia malu ketahuan berteman dengan saya yang adalah seorang blogger geje >.<

So, apa yang mau saya tulis kali ini? Buat yang nagih tulisan lanjutan tentang Flores, maaf banget, mood-nya bukan lagi pengen nulis tentang itu. Yang ada, saya mau nulis tentang sebuah aplikasi pencarian hotel yang bisa kasih kita diskon buanyak banget! Niy aplikasi cocok banget untuk para penggila diskon yang mau reservasi hotel dadakan alias booking di menit-menit terakhir ato bahasa kerennya last minute reservation!

Penemuan aplikasi *ingat: penemuan, bukan penciptaan* ini bermula dari kegalauan saya, Ivna, dan Ratna mencari hotel untuk menghabiskan malam tahun baru kita. Secara tahun baru 2014 kemarin sudah kita habiskan di Monas lanjut bermalam di hotel budget, masa iya tahun baru kali ini cuma di kontrakan aja? *semoga kami tidak dipandang sebagai orang yang tidak berempati terhadap tragedi QZ8501 ya*.

Segala upaya pencarian diskon sudah kami lakukan. Dari mulai ikut berpartisipasi dalam event Harbolnas *buat yang belum tahu, ini kependekan dari Hari Belanja Online Nasional, jatuh setiap tanggal 12 Desember* sampe nyari diskonan kartu kredit. Kami belum juga nemu hotel yang cocok sampe engga kerasa udah tanggal 29 Desember aja. Dalam kebuntuan pikiran, saya iseng membuka timeline di twitter. Ternyata di sanalah saya menemukan pencerahan.

Seorang travel blogger mengantarkan saya ke sebuah aplikasi bernama Hotel Quickly (di aplikasi android, penulisannya disambung menjadi HotelQuickly). Kebetulan waktu itu lagi ada promo penukaran poin dari Telkomsel. Sehingga harga kamar yang sebenarnya udah didiskon, masih dapet tambahan diskon lagi! Program dari Telkomselnya emang udah abis, tapi diskon dari Hotel Quickly-nya masih available loh! Di bawah bakal saya kasih kode promo diskon hotelnya. Cekidot!

Aplikasi Hotel Quickly ini sangat berguna buat para pencari kamar dadakan. Reservasi yang bisa dilakukan lewat Hotel Quickly ini adalah pada H-1 atau hari H . Mau menginap semalam aja bisa. Mau menginap lama juga bisa. Maksimal 5 malam siy. Aplikasi ini bisa di-install di perangkat iOS, Android, atau Blackberry. 

Pilihan hotel yang ditawarkan memang tidak sebanyak website lain. Disini ia hanya memberikan 9 pilihan. Tapi jangan kuatir, hotel-hotel ini dipilih berdasarkan lokasi, value, dan kualitasnya. Lagian kalo lagi buru-buru, kayanya kita malah pusing kalo dikasih banyak pilihan. Iya, kan? Namanya buru-buru, seringkali kita cari lokasi yang engga jauh dari tempat kita berada. Nah, aplikasi ini bisa mendeteksi hotel-hotel terdekat.

Eh, tapi bisa aja kan, kita tiba-tiba bikin rencana mau tahun baruan di Sydney. Don't worry, aplikasi ini engga cuma berguna buat kita pakai di Indonesia aja, karena hotel yang tersedia disini mencakup banyak kota di 14 negara yaitu Australia, Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Laos, Macau, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Tentang budget, bisa disesuaikan sama kantong kita, kok. Terserah mau pilih budget hotel ato five star with diamond sekalian!

Bagi para pencari diskonan, langsung hepi deh, kalo tau aplikasi ini! Harga yang tertera di aplikasi ini udah harga diskon! Kalo engga percaya, monggo ditanyain langsung ke hotelnya. Yang lebih asyik, ada diskon tambahan yang bisa kita dapet! Wah, makin ngiler neh!

Oke, ini saatnya aku share langkah-langkah buat dapet diskonnya ya:

1. Download aplikasi Hotel Quickly lewat link ini:

http://www.htqk.ly/invite/ITHOR?utm_source=myaccount

Tampilan yang muncul kurang lebih seperti ini:

tersedia berbagai pilihan cara download
Atau langsung aja buka AppStore di Android trus cari HotelQuickly.

2. Register pake email.
3. Redeem voucher dari saya. Caranya:
  • Masuk ke aplikasi,
  • Klik pilihan menu yang ada di pojok kiri atas.
  • Pilih menu "Credits"
  • Klik "Redeem"
  • Ketik kode "ITHOR"
  • Klik "Redeem" (lagi)
Tampilannya kayak gini: 

masukkan kode "ITHOR"

Yeay, kamu berhasil dapet diskon 130.000 untuk pemesanan pertamamu!

Selanjutnya, masuk ke pengaturan akun, yaitu:
1. Klik pilihan menu yang terletak di sebelah kiri atas. Bentuknya tiga garis mendatar.
2. Klik "My Account".
3. Masukkan nama lengkap, nomor HP, email dan password. Password disini maksudnya adalah password akun Hotel Quickly, bukan password email. Tapi kalo mau disamain dengan email, engga ada yang ngelarang juga, siy.
4. Masukkan cara pembayaran. Dulu Hotel Quickly hanya menerima 3 cara pembayaran, yaitu dengan kartu kredit, Line Pay, atau PayPal. Tapi sekarang, pembayaran bisa dilakukan melalui Doku Wallet yaitu melalui ATM! Penjelasan lebih lanjut tentang pembayaran Hotel Quickly melalui ATM dengan fasilitas Doku Wallet ini saya tulis di bagian paling bawah dari tulisan ini.

Sekarang cara memesan hotel:
1. Klik pilihan menu yang terletak di sebelah kiri atas. Bentuknya masih tetep tiga garis mendatar.
2. Klik "Hotels".
3. Pilih negara.
4. Pilih kota.

Disini akan muncul menu "Filters" yang bisa digunakan untuk memasukkan tanggal check in dan check out. Disitu juga tersedia filter hotel berdasarkan pilihan harga maupun lokasi yang terdekat. Untuk kembali ke menu sebelumnya, pilih menu "back" pada HP.

5. Pilih hotel.
6. Skrol ke bawah untuk melihat fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh hotel.
7. Jangan lupa klik di tanggal untuk menyesuaikan dengan tanggal pemakaian.
8. Klik book. Disini kamu bisa melihat harga hotel dan ketentuan lain dengan lebih jelas.
9. Kalo udah fix, "slide to pay". Hati-hati, pemesanan engga bisa dibatalkan.
Ini contoh hasil booking-an saya waktu tahun baruan kemarin di sebuah hotel bintang lima di Jakarta:

screenshot #1

screenshot #2

Oya, skrinsut di atas diambil setelah booking hotel untuk tahun baru lalu. Kalo sekarang, tampilannya udah berubah. Dikitttt....

Ngomongin diskon, engga cuma diskon 130.000 di pemesanan pertama yang bisa kamu dapet. Kamu masih bisa dapet diskon tambahan loh, dengan share link dengan promo code-mu sendiri (bakal dapet kalo udah register) ke Facebook ato Twitter. Dari sini kamu bakal dapet credit 300. Sharing via sosmed ini bisa dilakukan tiap bulan. Dengan bantuan HotelQuickly, kamu juga bisa share ke email temen-temenmu dan kamu otomatis dapet credit 60.000.

Kamu sendiri juga bisa share link dengan cara posting di status bbm, kirim ke temen-temen lewat WhatsApp, suka-suka kamu lah. Kalo temen yang kamu ajak tadi meng-install aplikasi ini, kamu bakal dapet credit 300. Kecil memang, tapi kalo temenmu tadi booking hotel lewat aplikasi ini, kamu bisa dapet tambahan credit 130.000 dari pemesanan pertamanya. Ajak temen lain, ya dapet credit 130.000 lagi, deh, kalo dia pesen hotel. Eh, bukan kamu aja loh, yang dapet credit. Dia juga bakal dapet diskon 130.000 untuk pemesanan pertamanya loh! Semacam simbiosis mutualisme yak? :p

Credit yang udah kamu dapet akan terakumulasi, trus bisa dipake buat pesen hotel, deh. Terserah kamu, mau dipake dikit-dikit ato langsung dipake semua! Eh, eh, kok jadi kayak MLM ya? Bukan, dunk. Kalo temen yang kamu ajak ngajak temen lain, kamu engga bakal dapet bonus lagi. Kan bukan upline-downline, hihi... Ini cuma sarana untuk berbagi :) Untuk lebih jelasnya, buka aja menu "Free Nights" di aplikasi HotelQuickly-mu!

Saya sendiri udah dapet 5 juta lebih, sebagian udah saya pake nginep di beberapa hotel di Malang, Jakarta, dan Makassar. Oya, kalo punya banyak Credit, yang ada tiap mau nginep, saya udah engga pake bayar lagi. Tampilan di layar HP jadi kayak gini niy:

semuanya engga pake bayar!

Oya, seperti sudah saya janjikan di atas, sekarang saya mau menjelaskan cara pembayaran HotelQuickly melalui ATM. Mulai akhir Januari kemarin, pengguna aplikasi HotelQuickly di Indonesia dapat membayar reservasi kamar hotel mereka melalui transfer ATM ke virtual account di Doku Wallet. Sampai dengan tanggal 10 April 2016, pembayaran dengan Doku Wallet ini bisa mendapatkan diskon tambahan sebesar Rp 100.000,- (berlaku untuk pemesanan hotel minimal Rp 500.000,-) dengan kode promo HQDOKU yang di-entry pada saat akan melakukan pembayaran (kan ceritanya di awal udah pake kode promo ITHOR buat dapet diskon Rp 130.000,- tuh). Plus ada kesempatan memenangkan hotel gratis!

Demi bisa memberikan review yang lengkap dan apdet, saya rela melakukan transaksi beneran dengan memilih "ATM Transfer" sebagai pilihan pembayaran #halah.

Saya sempat kebingungan pada saat mencoba cara pembayaran yang baru ini. Browsing-browsing tetep engga nemu penjelasannya. Sampai kemudian saya ngeh kalo ada menu chat di aplikasi HotelQuickly. Dan saya pun mulai mengetik. Berikut ringkasan chat saya.
Chat started on 2016-01-30 08:42 AM UTC
(08:42:24 AM) *** isti thoriqi joined the chat ***
(08:42:25 AM) isti thoriqi: bagaimana cara membayar dengan doku wallet?
(08:42:27 AM) Duty supervisor: Hello, welcome! One of my colleagues will be with you in a second.
(08:42:49 AM) *** Grace joined the chat ***
(08:42:57 AM) Grace: Hello isti
(08:43:10 AM) Grace: May I help you in English?
(08:43:36 AM) isti thoriqi: how can I pay with doku wallet?
(08:43:53 AM) isti thoriqi: I already book hotel and choose doku wallet as payment
(08:44:02 AM) Grace: okay
(08:44:06 AM) isti thoriqi: now I got payment code
(08:44:10 AM) Grace: now you have 45 minutes to pay
(08:44:18 AM) Grace: please follow these steps
(08:44:19 AM) Grace: 1. Go to the nearest ATM to make a payment
2. Choose Transfer
3. Choose other bank account
4. For non-Permata Bank card holder insert the bank code ( 013 ) + payment code, ie: 013896502999421412. For Permata Bank card holder insert the payment code, ie: 896502999421412
5. Enter the exact amount as the total price( can be seen in the ' My Booking ' on application)
6. The reference number is optional. Next, press Correct
7. On the confirmation screen, it will show name and the amount transferred. If the information are appropriate, press Correct.
8. Transaction Successful.
(08:44:36 AM) isti thoriqi: okay
(08:44:45 AM) isti thoriqi: thanks for your help
(08:44:58 AM) Grace: you're welcome
(08:45:01 AM) Grace: :)
(08:45:08 AM) Grace: If there is nothing else, I will be leaving the chat. But don't worry, if you have other questions, you can just type the question and someone will be with you.
(08:45:16 AM) isti thoriqi: okay
(08:45:29 AM) isti thoriqi: thx grace
(08:45:40 AM) isti thoriqi: you're very helpful
(08:53:14 AM) Grace: Thank you Isti
(08:53:22 AM) Grace: Have a great day!
(08:53:34 AM) isti thoriqi: you too
(09:06:46 AM) *** isti thoriqi left the chat ***
Suka banget ama pelayanan kayak gini! Fast response, sista!

Jadi begini... Kita engga wajib punya account di Doku Wallet (www.dokuwallet.com) untuk bisa melakukan transaksi pembayaran ini. Tapi kartu ATM, wajib punya dunk! Pastikan saldonya cukup, ya. Hehe...

Berikut langkah-langkahnya:
1. Sebelum melakukan reservasi, klik menu "My Account". Di pilihan metode pembayaran, pilih ATM transfer, lalu klik "Save Changes".
2. Lakukan reservasi hotel seperti biasa.
3. Pada menu "My Booking", di bawah "Total price" akan muncul sejumlah angka sebagai Payment Code.
4. Pergilah ke ATM terdekat. HotelQuickly memberikan waktu 45 menit untuk melakukan pembayaran. Tidak ada batasan bank, jadi ATM dari bank mana saja boleh.
5. a. Untuk pengguna ATM Bank Permata, pilih menu transfer lalu masukkan Payment Code.
   b. Untuk pengguna ATM selain Bank Permata, pilihlah menu "Transfer ke Bank Lain". Masukkan kode 013 diikuti Payment Code.
6. Akan muncul namamu sebagai pemilik rekening tujuan transfer.
7. Masukkan nominal transfer (yaitu sebesar "Total Price" yang bisa dilihat di menu "My Booking" pada aplikasimu).
8. Reference number boleh dikosongkan. Boleh juga ketik "000". Selanjutnya pilih "Correct".
9. Dibutuhkan waktu beberapa menit untuk mengubah "Payment: Pending" di menu "My Booking" menjadi "Payment: Already paid". Sehingga status reservasimu juga akan berubah dari "Pending" menjadi "Active".
10. Yeayyy, proses booking hotel dengan pembayaran melalui ATM transfer berhasil!

Oke, sekian tulisan saya kali ini. Selamat mem-booking hotel ;)

27 comments :

bukanbocahbiasa.com said...

Waw. Menarik banget Mak :)) Kpn2 bisa dicoba nih. Thanks much yaaa

Jade Ayu said...

mau coba ahhhh...

rizka psikologi said...

Boleh dicoba nih :)

isti thoriqi said...

Monggo monggo dicoba, Mak Nurul, Jade Ayu, en Mba Rizka. Selamat mem-booking ya ;)

IBU WINDA DI GARUT said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Angga harun said...

Saya sudah dpt 3jt malah. Cuma syg banyaj yg non breakfast yah. Sama ga ada pilihan kasur double atau twin

isti thoriqi said...

Wah, 3 juta?! Manteb banget!!! Kayanya sekarang udah banyak yang ada breakfast-nya kok, coba aja dicek lagi :)

Anonymous said...

Mbak kalo boleh tau, ditagihan kartu kreditnya harganya sesuai dengan yg di app ngga? Atau dipotong lg? Ada temen saya di potong sampe cuma bayar 1% dr harga di app

isti thoriqi said...

Nah, itu dia... Temenku juga dpt tagihan kartu kredit cuma 1% dari. Tapi aku engga berani langsung hura-hura dg pesen room bolak-balik, kuatir ada ralat en penagihan belakangan :D

Dian Permata said...

Kmren aku udah pake 5 kali check in dengan bayar harga cuma 1 persen.tagihan di kartu kredit bln pertama mash 1 persen. Bln ke 2 juga masih 1 persen. Eh bulan ke 3 tiba2 ada transaksi auto debet dari hotel quickly. Masuk semua tagihan sesuai dengan harga transaksi yg tertera di app hotel quickly Hikssss 😭😭😭 , mau gak mau hrs di bayar..

isti thoriqi said...

Hai Mba Dian. Woalah, jadi ternyata tagihannya datengnya borongan di bulan ketiga yak? Eh tapi masih mending siy mba. Akun temenku diblokir karena tagihannya 1% mulu... Hihihi

Dian Permata said...

Aku juga di blokir mbk akun nya hhaa, kykny pihak hotel quickly rekap laporan nemu ada yg salah sistem nya kali makanya di blokir

Anonymous said...

mba bisa dapet sampe jutaan gitu gimana caranya, hehee

isti thoriqi said...

Rajin share, pastinya. Ke temen2 yang ada di kontak en lewat sosmed ;)

ucok said...

Waktu transaksi currency nya APA?

isti thoriqi said...

Kalo di Indonesia, pake rupiah kok :)

Winandi .. said...

saya punya kredit 130k nih ( baru pertama install dan coba..hehe ) .
klo saya pake buat book hotel yg harga 250k,itu gimana kasusya ?
thx yah

Winandi .. said...

saya punya credit 130k.

klo misal di pake buat book hotel dgn net 250k bisa gak ?
thx

isti thoriqi said...

Tampilan hotel yang muncul di layar hp adalah tampilan setelah dikurangi credit. Kalo di hp munculnya 250rb, berarti harga aslinya 380rb. Jika memang mau book, harus mengatur pembayaran dulu. Pilihannya dengan CC, linepay, atau PayPal.

Rielya Wullan said...

Klo mau bayar pake pay pal ato line pal gmn caranya ya tau ngga?

isti thoriqi said...

Pastinya harus daftar dulu di www.paypal.com. Saya sendiri kebetulan belum punya akun disana :(

Umroh Murah said...

Kakak mau tanya dong, mungkin pernah nyoba. Kl Hotel Quickly ini provide hotel-hotel di Mekkah juga ndak ya? Soalnya lagi mau nyobain Umroh Desember 2015 ini Kakak

Nabila Dpp said...

Mba bayar quickly pake line pal apa paypal ? Kebingungan disaat mau bayar. Mohon infonya mba. Mksh

Adit said...

Mba kalo pembayaran pake credit card di hotel quickly ini nanti ada info sms tagihan ke nomor hp pemilik credit card ngga ya? Mohon infonya. Thanks

isti thoriqi said...

Sms nya bukan info tagihan, mas adit. Tapi sms konfirmasi kalo udah booking hotel :)

isti thoriqi said...

Mohon maaf mba nabila. Kebetulan saya baru coba yang metode kartu kredit aja...

isti thoriqi said...

@Umroh Murah: Untuk di Mekkah, belum ada hotel yang bekerjasama...

Post a Comment